Minggu, 13 Januari 2019

cara membuat mesin sangrai kopi mini

Perencanaan design mesin

Sebelum menginjak ke tahap pembuatan , sangat di perlukan sebuah design atau gambar model dari sebuah alat yang ingin kita buat . untuk awam biasanya kita membuat sketsa model design mesin menggunakan kertas dan pena , sedangkan untuk lulusan smk biasanya menggunakan  teknik menggambar menggunakan alat tulis atau standart yang biasa digunakan di pelajaran sekolah . Sedangkan untuk insinyur atau mahasiswa sudah lebih maju menggunakan gambar komputer melalui program aplikasi gambar teknik seperti auto cad atau yang lainnya.
Dalam tahap ini perlu digambar komponen per item , khususnya yang komponen inti seperti tabung , frame, plendes depan dan lainnya

Persiapan Bahan

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan segala bahan yang diperlukan . diantaranya adalah sebagai berikut materialnya: plat steinless, besi siku , plat , dinamo , gear box, kabel , saklar , kompor, dll. Setelah di siapkan bahan akan di proses ke tahap selanjutnya.

Pengerjaan komponen 

Dalam tahap ini bahan bahan yang sudah di kumpulkan akan di potong sesuai ukuran , kemudian di bentuk , diroll. dan disambung menggunakan peralatan las listrik atau  menggunakan las argon untuk komponen yang terbuat dari steinless. dalam proses pengerjaan ini juga ada proses bubut , bor , tap, dan lainnnya selain proses  las.

Perakitan komponen .

setelah bahan dan material sudah terbentuk , maka tiba saatnya ke fase perakitan mesin . semua komponen akan dirakit menjadi mesin utuh . sebuah mesin sangrai kopi mini . yaitu sekitar kapasitas 0,5-1 kg
design mesin sangrai kopi mini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar